Syarat & Ketentuan

Umum

PT Edu Multi Network (selanjutnya disebut “Edunesia”) adalah suatu perseroan terbatas yang salah satu jenis usahanya bergerak di bidang jasa portal web. Pengguna dapat melakukan pendaftaran serta pembelian formulir sekolah dan menggunakan berbagai fitur serta layanan yang tersedia. Edunesia menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para Pengguna.

Aturan Penggunaan ini mengatur penggunaan seluruh layanan yang terdapat pada Platform Edunesia yang berlaku terhadap seluruh Pengguna dan terhadap setiap Pihak yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada Edunesia. Dengan mendaftar akun Edunesia dan/atau menggunakan Platform Edunesia, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Aturan Penggunaan.

ATURAN PENGGUNAAN INI MERUPAKAN BENTUK KESEPAKATAN YANG MERUPAKAN PERJANJIAN MENGIKAT ANTARA PENGGUNA DENGAN EDUNESIA. PENGGUNA SECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI KETENTUAN INI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DI PLATFORM EDUNESIA.

Definisi

Dalam Aturan Penggunaan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Pengguna adalah pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses Platform Edunesia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan Edunesia beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Edunesia.
  2. Akun adalah data tentang Pengguna, minimum terdiri dari username, password, nomor telepon, dan email yang wajib diisi oleh Pengguna Terdaftar.
  3. Platform Edunesia adalah situs resmi www.edunesia.id dan seluruh microsite resmi beserta aplikasi resmi Edunesia (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
  4. Formulir adalah suatu objek berwujud digital yang memiliki keabsahan dan fungsi sama dengan aslinya sebagai dokumen pendaftaran pada layanan Mitra.
  5. Layanan adalah secara kolektif: (i) Platform Edunesia; (ii) Konten, fitur, layanan, dan fungsi apa pun yang tersedia di atau melalui Platform oleh atau atas nama Edunesia, termasuk Layanan Mitra; dan pemberitahuan email, tombol, widget, dan iklan.
  6. Aturan Penggunaan adalah perjanjian antara Pengguna dan Edunesia yang berisi seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Edunesia, serta tata cara penggunaan sistem layanan Edunesia.
  7. Mitra adalah Sekolah/ Yayasan terdaftar yang menyediakan informasi, mengolah data konten, serta melakukan penjualan dan/atau penawaran Formulir kepada para Pengguna di Platform Edunesia serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan Edunesia beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Edunesia.
  8. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan transaksi di Platform Edunesia serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan Edunesia beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Edunesia.
  9. Edunesia Payment System adalah sistem pembayaran yang difasilitasi oleh Edunesia untuk para Pengguna melakukan transaksi jual-beli di Platform Edunesia.
  10. Otorisasi Akun (TFA) adalah fitur keamanan untuk akun pada saat login. Pengguna akan menerima kode otentikasi (OTP) yang harus dimasukkan ketika login menggunakan device yang belum tervalidasi. Tujuan dari TFA ini adalah untuk menjaga keamanan akun dari pembajakan dan penyalahgunaan akun oleh pihak lain.
  11. Bantuan merupakan layanan yang disediakan oleh Edunesia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah termasuk namun tidak terbatas pada masalah transaksi Pembeli dan Mitra, Hak Kekayaan Intelektual, pelaporan pelanggaran produk, dan lain-lain.
  12. Platform Distribusi Aplikasi yaitu layanan resmi yang dikembangkan dan dikelola oleh:
    - Apple Inc (dengan merek dagang “App Store”, untuk pengguna yang menggunakan perangkat iOS); dan/atau
    - Google LLC (dengan merek dagang “Google Play” untuk pengguna yang menggunakan perangkat Android); dan/atau
    - Platform Distribusi Aplikasi resmi lainnya
    yang dapat digunakan oleh Pengguna layanan untuk menjelajah dan mengunduh aplikasi yang tersedia di platform tersebut.

Layanan

1. Platform

  1. Edunesia mengelola dan menyediakan Platform bagi Mitra untuk melakukan penjualan, promosi, mengunggah konten. Serta bagi Pengguna untuk melakukan pembelian dan menerima informasi yang sesuai dengan Aturan Penggunaan Edunesia dengan alamat Situs Edunesiawww.edunesia.id dan seluruh microsite beserta aplikasi Edunesia (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna dan Mitra.
  2. b. Sebagai pihak penyedia Platform, Edunesia tidak berperan sebagai Mitra, melainkan sebagai media perantara bagi Mitra, Pengguna dan Pembeli untuk melakukan aktivitas serta transaksi melalui Platform Edunesia. Mohon untuk melihat point tentang pembebasan tanggung jawab.
  3. Edunesia dapat atau tidak dapat melakukan penyaringan awal terhadap Mitra atau Konten atau informasi yang diunggah oleh Mitra di Platform Edunesia, sehingga Edunesia berhak untuk menghapus setiap Konten atau informasi yang diunggah oleh Mitra di Platform Edunesia apabila dianggap perlu dari waktu ke waktu. Keputusan Edunesia merupakan keputusan mutlak yang tidak dapat diubah/digugat oleh Mitra.

2. Sistem Pembayaran

Edunesia bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan sistem pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di Platform Edunesia bagi para Pengguna maupun Mitra. Metode Pembayaran yang disediakan melalui Platform Edunesia, antara lain:

  1. Transfer Bank
  2. Virtual Account

3. Chat/Kirim Pesan

  1. Edunesia menyediakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” bagi Pengguna untuk berkomunikasi dengan Mitra, untuk menanyakan layanan atau pun menyampaikan informasi yang terkait.
  2. Pengguna disarankan untuk tidak menggunakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” selain untuk kepentingan bertransaksi atau berkomunikasi mengenai informasi terkait di Edunesia.

4. Bantuan

  1. Bantuan merupakan layanan yang disediakan oleh Edunesia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah termasuk namun tidak terbatas pada masalah transaksi antara Pembeli dan Mitra, pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, pelaporan pelanggaran layanan, dan lain-lain.
  2. Melalui layanan Bantuan, Pengguna dapat menanyakan dan mengajukan keluhan mengenai segala hal terkait dengan transaksi di Edunesia yang berhubungan dengan Fitur/layanan, cara pembayaran, dan lain-lain.
  3. Melalui layananBantuan, Pengguna dapat langsung menghubungi Customer Service Edunesia untuk mendapatkan kebutuhan informasi dan menyelesaikan permasalahan yang dialami, baik terkait permasalahan transaksi maupun yang selain permasalahan transaksi.
  4. Pengguna dapat menggunakan layanan Bantuan sebagai sarana aduan atas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual danpelanggaran oleh Mitra.
  5. Bantuan merupakan fitur layanan pelanggan yang terdiri dari daftar referensi seputar pertanyaan yang paling banyak ditanyakan serta informasi yang dapat dipilih seperti nomor call center, layanan email, hingga live chat sehingga pelanggan dapat leluasa mengajukan pertanyaan atau keluhan seputar layanan, cara pembayaran, dan sebagainya.

Kode Verifikasi dan Verifikasi Dua Langkah

Edunesia menyediakan fitur/layanan keamanan tambahan yaitu Kode Verifikasi dan Verifikasi Dua Langkah, di mana Pengguna akan dikirimkan Kode verifikasi yang bersifat rahasia. Untuk menghindari penyalahgunaan akun, Pengguna DILARANG menginformasikan kode verifikasi kepada pihak lain termasuk namun tidak terbatas oleh pihak Edunesia.

Pengguna,Akun, Keamanan, dan Password

Persyaratan wajib bagi Pengguna untuk mengakses layanan di Platform Edunesia, antara lain:

  1. Pengguna yang belum genap berusia 18 tahun wajib memperoleh persetujuan dan bimbingan dari orang tua atau wali untuk menggunakan dan/atau mengakses layanan di Platform Edunesia dan bertanggung jawab atas segala biaya yang timbul terkait penggunaan layanan di Platform Edunesia.
  2. Pengguna wajib membaca, memahami serta mengikuti semua ketentuan yang diatur dalam Aturan Penggunaan ini.
  3. Pengguna yang memiliki akun di Platform Edunesia, wajib mengisi data pribadi secara lengkap sesuai dengan identitas pribadinya di halaman profil Edunesia.
  4. Pengguna wajib menyampaikan informasi yang benar, tepat, lengkap dan terbaru dari diri Pengguna dalam rangka penggunaan Platform Edunesia dari waktu ke waktu.
  5. Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun, termasuk password rahasia berupa Kode Verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon terdaftar Pengguna setiap kali ada percobaan log-in ke Akun Pengguna. Edunesia atau petugas Edunesia tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Platform Bukalapak Pengguna ketika Pengguna masuk ke Akun Edunesia milik Pengguna melalui Platform Edunesia pada device Pengguna). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  6. Pengguna wajib memahami setiap detail informasi yang ditampilkan oleh Mitra di Platform Edunesia. Mitra berhak untuk menerima atau menolak data Formulir dan persyaratan yang diunggah oleh Pembeli.
  7. Pengguna wajib mengunggah data formulir dan persyaratan yang telah ditentukan Mitra dengan informasi yang benar.
  8. Pengguna menyediakan bukti registrasi dan dokumen persyaratan pendaftaran asli pada saat pendaftaran ulang untuk diverifikasi apabila berkas Formulir Pembeli dinyatakan diterima oleh Mitra.
  9. Edunesia memiliki fitur keamanan tambahan yaitu Verifikasi 2 Langkah. Apabila Pengguna mengaktifkan fitur tersebut, maka Edunesia akan mengirimkan Kode Verifikasi via SMS ke nomor handphone yang sudah terkonfirmasi sebagai nomor akun Pengguna. Kode Verifikasi dikirim ketika: perubahan data di akun Pengguna seperti password, alamat email, nomor telepon, dan/atau nomor rekening; serta perubahan dan/atau penambahan alamat. Masukkan Kode Verifikasi hanya pada kolom yang disediakan oleh sistem Edunesia (situs maupun aplikasi resmi Edunesia). Kode Verifikasi tersebut bersifat rahasia dan tidak untuk diinformasikan ke pihak lain termasuk pihak yang mengatasnamakan Edunesia.
  10. Pengguna dilarang menggunakan robot, spider, proses atau sarana untuk mengakses layanan untuk tujuan apapun, atau perangkat otomatis lainnya, termasuk namun tidak terbatas untuk memantau atau menyalin setiap bahan yang ada pada layanan di Platform Edunesia.
  11. Pengguna bertanggung jawab dan wajib menjaga keamanan dari akun termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan email dan password milik Pengguna.
  12. Demi keamanan dan kenyamanan para Pengguna, setiap transaksi di Edunesia diwajibkan untuk menggunakan Edunesia Payment System. Untuk informasi mengenai penggunaan EdunesiaPayment System dapat dipelajari di Panduan Edunesia.
  13. Dalam hal Pengguna melakukan pelaporan dan/atau aduan atas layanan di Platform Edunesia dan/atau Aturan Penggunaan, maka setiap laporan dan/atau aduan tersebut wajib disampaikan dengan itikad baik dan dengan tujuan menyelesaikan masalah.
  14. Pengguna dilarang menggunakan Platform Edunesia untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya.
  15. Selama menggunakan dan/atau mengakses Platform Edunesia, Pengguna dilarang keras mengunggah dan/atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apa pun yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, kata-kata kasar atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. Edunesia dalam hal ini berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  16. Pengguna wajib bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul di kemudian hari atas informasi yang diberikannya kepada Edunesia.
  17. Pengguna wajib menghargai hak-hak Pengguna lainnya dengan tidak memberikan informasi pribadi ke pihak lain tanpa izin pihak yang bersangkutan.
  18. Pengguna dilarang mengirimkan pesan spam dalam bentuk apa pun dengan merujuk pada fitur/layanan apa pun di Platform Edunesia untuk tujuan apa pun.
  19. Edunesia berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna untuk memblokir penggunaan sistem jika Pengguna melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.
  20. Pengguna dilarang menggunakan logo Edunesia pada foto profil Pengguna (avatar).
  21. Pengguna dilarang mendistribusikan virus atau teknologi lainnya yang dapat membahayakan Edunesia, kepentingan dan/atau properti dari Pengguna dan MitraEdunesia, maupun instansi Pemerintahan.
  22. Pengguna dilarang menggunakan Platform Edunesia untuk tujuan komersial dan melakukan transfer/menjual akun Pengguna ke Pengguna lain atau ke pihak lain dengan tujuan apapun.
  23. Pengguna dilarang keras mempergunakan layanan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” sebagai media untuk menyampaikan kata-kata, komentar, gambar, atau konten lain yang mengandung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan pihak lain, vulgar, bersifat ancaman, kata-kata kasar atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. Edunesia berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, penjatuhan sanksi, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  24. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Edunesia jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  25. Pengguna dianggap telah mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dalam setiap transaksi di Edunesia, dan tidak akan melakukan tindakan apa pun yang melanggar peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
  26. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terkait Aturan Penggunaan oleh Pengguna, Edunesia berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain dan Platform Edunesia.
  27. Pengguna wajib bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang Pengguna unggah, kirim melalui email, kirimkan dan/atau sediakan melalui Platform Edunesia.
  28. Edunesia tidak memungut biaya pendaftaran akun Edunesia kepada Pengguna.
  29. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Edunesia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan Kode Verifikasi, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  30. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Edunesia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul akibat dari Pengguna yang tidak mengaktifkan fitur/layanan keamanan Verifikasi 2 Langkah.
  31. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan Kode Verifikasi, maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal yang ditentukan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi ditambah biaya perpajakannya.
  32. Demi keamanan Pengguna, Edunesia menyarankan agar Pengguna mengubah password dari waktu ke waktu secara berkala untuk menjaga kerahasiaan akun Edunesia milik Pengguna.
  33. Pengguna menjamin bahwa identitas/data pribadi yang Pengguna daftarkan dalam pembuatan akun Edunesia merupakan identitas/data pribadi milik Pengguna sendiri bukan milik pihak manapun.
  34. Pengguna akan senantiasa bekerja sama dengan Edunesia untuk menyelidiki dan menentukan apakah telah terjadi pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan ini dengan memberikan Edunesia (beserta pihak yang ditunjuk dan auditor independen) hak akses atas data pribadi dan/atau perangkat Pengguna yang digunakan Pengguna untuk membuka/mengakses Platform Edunesia. Dalam hal ini, Pengguna memberikan wewenang kepada Edunesia untuk bekerja sama dengan pihak berwenang (termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, instansi pemerintah, penyedia jasa telekomunikasi, penyedia jasa jaringan internet, penyedia jasa data center, dan lain-lain) tanpa persetujuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
  35. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mempengaruhi/menurunkan/mengganggu layanan, perangkat lunak, perangkat keras, sistem, jaringan yang digunakan Pengguna lain untuk mengakses Platform Edunesia.
  36. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mengganggu dan/atau berdampak buruk pada Edunesia, jaringan internet, infrastruktur atau layananEdunesia, serta menimbulkan efek merugikan bagi keberlangsungan kegiatan usaha Edunesia.
  37. Pengguna dilarang menggunakan layanan Edunesia untuk menyamar/memalsukan dirinya sebagai seseorang/pihak lain secara melawan hukum untuk menyesatkan dan/atau menipu orang lain secara sengaja maupun tidak sengaja.
  38. Pengguna dilarang menggunakan Platform Edunesia dengan tujuan mengumpulkan data pribadi Pengguna dengan tujuan melanggar Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  39. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Edunesia.

Transaksi

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Edunesia. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Edunesia akan meneruskan dana ke pihak Mitra apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Edunesia telah selesai.
  2. Saat melakukan pembelian Formulir, Pembeli menyetujui bahwa:
    - Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, mengerti dan menyetujui informasi serta deskripsi dari keseluruhan layanan (termasuk namun tidak terbatas pada jadwal, persyaratan, harga, kuota, dan lain sebagainya), sebelum berkomitmen melakukan pembelian formulir tersebut.
    - Pengguna masuk ke dalam Perjanjian yang mengikat secara hukum untuk membeli Formulir ketika Pengguna membeli suatu Formulir.
    Edunesia tidak terlibat pada keputusan yang diambil oleh Mitra atas diterima atau ditolaknya data dan informasi yang diunggah Pembeli pada Formulir.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui tentang ketersediaan Formulir merupakan tanggung jawab dari Mitra. Jika koutaFormulir kosong, maka Mitra akan menolak order, dan pembayaran pembelian akan dikembalikan kepada pihak Pembeli.
  4. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan di luar transaksi resmi Edunesia dan/atau tanpa sepengetahuan Edunesia (melalui jaringan pribadi, pengiriman pesan, pembelian di luar Edunesia, dan/atau pembelian di luar tagihan yang ditagihkan Edunesia) merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli, dan bukan tanggung jawab dari pihak Edunesia.
  5. Pembeli memahami dan menyetujui untuk tidak menyerahkan/memberitahukan bukti transaksi yang dilakukan di Edunesia pada pihak lain selain pihak Edunesia melalui saluran komunikasi resmi Edunesia. Dalam hal tersebut, jika terjadi kerugian yang diakibatkan oleh penyerahan atau pemberitahuan bukti transaksi pada pihak lain tersebut, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing Pembeli.
  6. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala klaim yang dilayangkan setelah adanya transaksi bukan menjadi tanggung jawab pihak Edunesia. Kerugian yang timbul setelah adanya transaksi adalah tanggung jawab masing-masing Pembeli.
  7. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa keterlambatan proses pembayaran serta biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli gunakan dengan bank Rekening resmi Edunesia merupakan tanggung jawab pembeli secara pribadi.
  8. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa keterlambatan proses pembayaran dapat berakibat kehilangan Formulir yang telah dipesan disebabkan oleh batas kuota yang telah ditentukan oleh Mitra, dan kemungkinan Formulir tersebut telah dibeli oleh Pembeli lain. Pesanan tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi.
  9. Pengguna dengan ini sepakat dan menyetujui bahwa Edunesia dengan menggunakan pertimbangannya dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya tambahan atas transaksi di Platform Edunesia.
  10. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terhadap Kebijakan Jual Beli oleh Pembeli, Edunesia berhak untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu terhadap Pembeli demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain.
  11. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Mitra, selain melalui Rekening Resmi Edunesia dan/atau tanpa sepengetahuan Edunesia (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus di luar Platform Edunesia atau upaya lainnya), adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  12. Pembeli wajib melakukan transfer sesuai dengan nominal total belanja dari transaksi dalam waktu yang telah ditentukan (dengan asumsi Pembeli telah mempelajari informasi barang yang telah dipesannya). Jika dalam waktu ditentukani Pembeli tidak mentransfer dana, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
  13. Setiap transaksi di Edunesia yang menggunakan metode transfer akan dikenakan biaya operasional dalam bentuk kode unik pembayaran untuk mempermudah proses verifikasi. Edunesia tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  14. Apabila terjadi proses pengembalian kepada Pembeli, maka pengembalian dana transaksi dilakukan dengan menambahkan saldo deposit Pembeli.
  15. Klaim atas kesalahan pengisian data Formulir dan atau persyaratan setelah dilakukan pengunggahan oleh Pembeli, merupakan hak dan wewenang Mitra apakah dapat menerima atau menolak klaim tersebut.
  16. Edunesia atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan atau pembekuan deposit untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika Edunesia menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna, baik Mitra maupun Pembeli terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Edunesia dan jika akun Pengguna diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.

Promosi

  1. Edunesia dapat mengadakan promosi sewaktu-waktu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak Edunesia. Syarat dan ketentuan yang dibuat mungkin akan berbeda-beda pada setiap kegiatan promosi. Pengguna wajib untuk membaca dan memahami secara saksama syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi tersebut dari waktu ke waktu.
  2. Pengguna akan mendapatkan berbagai informasi promo terbaru dan penawaran eksklusif. Namun Pengguna dapat berhenti berlangganan (unsubscribe) jika tidak ingin menerima informasi tersebut.
  3. Setiap Pengguna diperbolehkan menggunakan lebih dari 1 (satu) akun yang saling berhubungan untuk setiap kegiatan promosi. Edunesia dapat melakukan tindakan yang dianggap perlu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna tersebut. Tindakan tersebut dapat berupa pembatalan transaksi, pembatalan voucher, pemblokiran akun Pengguna, atau tindakan hukum apabila ditemukan tindak kecurangan dari Pengguna.
  4. Edunesia berhak melakukan pembatalan transaksi berkaitan dengan promosi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu demi kenyamanan Pengguna lain dan keamanan.
  5. Edunesia berhak mengubah syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi yang diadakan oleh pihak Edunesia dari waktu ke waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.

Pencairan Dana

  1. Pengguna wajib mengisi data rekening bank untuk kepentingan pencairan dana di Bukalapak.
  2. Dana akan ditransfer ke rekening Pengguna dalam waktu 1x24 jam untuk BNI dan BNI Syariah, atau 2x24 jam untuk rekening tujuan selain keempat bank tersebut.
  3. Pencairan dana hanya dapat dilakukan sebanyak 1x sehari.
  4. Nominal minimum pencairan dana adalah sebesar Rp 1.
  5. Pencairan dana selain ke rekening bank BNI, dan BNI Syariah akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500.
  6. Edunesia berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap transaksi pencairan dana yang dilakukan oleh Pengguna apabila ditemukan adanya tindakan pelanggaran atas syarat dan ketentuan Edunesia, kecurangan, manipulasi, penipuan dan/atau kejahatan.
  7. Pemeriksaan, pembekuan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap transaksi pencairan dana Pengguna yang dilakukan oleh Edunesia, dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan.
  8. Dalam hal Pengguna meninggal dunia, maka Edunesia akan segera melakukan pencairan ke rekening bank yang terdaftar dan/atau pernah terdaftar di Akun Edunesia.

Data Pengguna

  1. Pengguna dengan ini sepakat dan setuju bahwa Edunesia dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau memproses data Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi, isi percakapan, dan/atau informasi tentang penggunaan layanan oleh Pengguna di Platform Edunesia.
  2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Edunesia (termasuk perusahaan terafiliasi dan Partner Resmi yang bekerja sama dengan Edunesia) berhak menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna melalui Platform Edunesia untuk kepentingan pengembangan dan peningkatan mutu demi keamanan dan kenyamanan Pengguna. Detail mengenai data pengguna tercantum di dalam Kebijakan Privasi Edunesia.
  3. Edunesia berhak mengungkapkan data Pengguna untuk proses hukum dan/atau permintaan pihak instansi pemerintah, penegak hukum, dan pihak berwenang resmi lainnya yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Platform Edunesia dan/atau Aturan Penggunaan ini akan diselesaikan secara eksklusif melalui BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia).

Ganti Rugi

Pengguna setuju untuk melepaskan Edunesia dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Edunesia (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan Mitra) dari segala klaim atau tuntutan, kewajiban, kerugian, dan biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh Pihak Ketiga yang timbul akibat kesalahan Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran Aturan Penggunaan ini, penggunaan Layanan di Platform Edunesia yang tidak semestinya, pelanggaran terhadap hak Pihak Ketiga, pelanggaran Kebijakan Privasi Edunesia dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Sanksi

Edunesia memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun Pengguna, termasuk akun yang diduga dan/atau terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar Aturan Penggunaan di Edunesia, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan, membatasi jumlah pembuatan akun, membatasi atau mengakhiri hak setiap Pengguna untuk menggunakan layanan, maupun menutup akun tersebut tanpa memberikan pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pemilik akun yang bersangkutan.

1. Sanksi Umum

  1. pemblokiran akun;
  2. pembekuan saldo; atau
  3. pelaporan kepada pihak yang berwajib.

2. Lain-lain

Pengguna sepakat dan setuju bahwa Pengguna memiliki tanggung jawab untuk menjaga reputasi Edunesia maupun anak perusahaannya sebagai penyedia jasa Platform.Edunesia berpendirian bahwa segala tindakan atau upaya percobaan manipulasi, kejahatan, penipuan, dan/atau tindakan-tindakan pelanggaran aturan yang dilakukan oleh Pengguna yang terjadi di dalam atau dalam penggunaan Platform merupakan bentuk pelanggaran yang serius (“Pelanggaran Pengguna”).

Pengguna menyatakan bahwa kerugian yang diderita oleh Edunesia (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan) akibat Pelanggaran Pengguna berdampak material bagi kelangsungan kegiatan dan reputasi Edunesia. Kerugian yang terjadi akibat Pelanggaran Pengguna ini sulit atau tidak mungkin untuk ditentukan nilainya secara pasti, dan juga diakui bahwa tidak ada upaya hukum yang cukup untuk memperbaiki kerugian yang telah terjadi sebagai akibat terjadinya Pelanggaran Pengguna. Oleh karena itu, Pengguna setuju bahwa Edunesia secara mutlak berhak untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk memulihkan dan melindungi nama baiknya serta meminta penggantian kepada Pengguna yang melakukan Pelanggaran Penggunaan atas kerugian yang diderita Edunesia termasuk namun tidak terbatas pada melakukan pemeriksaan atau investigasi (baik sendiri atau bekerja sama dengan pihak yang berwajib), memblokir akun, menghapus konten dan/atau akun, menegur Pengguna yang bersangkutan, melakukan pembekuan akun Pengguna, melakukan kompensasi atas kerugian yang diderita oleh Edunesia dengan cara melakukan kompensasi terhadap dana yang tersedia pada Saldo Edunesia Pengguna yang bersangkutan (“Tindakan Mitigasi Pelanggaran”). Pengguna yang melakukan Pelanggaran Pengguna melepaskan segala hak yang dimilikinya untuk mengajukan gugatan, klaim, keberatan dan/atau upaya lainnya terhadap Edunesia (termasuk direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan) dalam melakukan Tindakan Mitigasi Pelanggaran atas Pelanggaran Penggunaan.

Perhitungan jumlah kerugian yang disiapkan oleh Edunesia dalam konteks ini adalah bersifat final dan mengikat. Pengguna yang diduga melakukan Pelanggaran Pengguna dapat menggunakan fitur Bantuan untuk segera melakukan penyelesaian permasalahan Pelanggaran Pengguna dalam jangka waktu 7 hari kalender setelah Pengguna dimaksud pertama kali menerima Tindakan Mitigasi Pelanggaran dari Edunesia. Tindakan Edunesia dalam melakukan Tindakan Mitigasi Pelanggaran tidak sekali-kali menghilangkan atau diinterpretasikan membatasi hak-hak Edunesia untuk melakukan upaya lain yang tersedia berdasarkan peraturan yang berlaku.

Penghentian/Perubahan Layanan dan Layanan Pihak Ketiga

  1. Edunesia (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Edunesia bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari Penggunaan Layanan Pihak Ketiga yang Pengguna akses melalui Platform Edunesia. Pengguna disarankan membaca dengan saksama atas Syarat dan Ketentuan yang disediakan oleh Pihak Ketiga tersebut.
  2. Edunesia dari waktu ke waktu berhak mengubah/menghentikan/menangguhkan layanan dan/atau layanan Pihak Ketiga tanpa persetujuan/pemberitahuan Pengguna.

Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

  1. Edunesia adalah portal web yang menyediakan layanan kepada Pengguna di Platform Bukalapak. Dengan demikian, transaksi yang terjadi adalah transaksi dan hubungan hukum antar Pengguna dan MitraEdunesia, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Edunesia secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web (Platform).
  2. Edunesia akan terus berupaya untuk menjaga kualitas Layanan Edunesia untuk tetap aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun Edunesia tidak dapat menjamin operasional terus-menerus atau akses terhadap Platform Edunesia dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Platform Edunesia memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
  3. Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna dan Mitra, Pengguna melepaskan Edunesia (termasuk Induk Perusahaan, jajaran komisaris, jajaran direksi, dan/atau karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
  4. Pengguna setuju dan sadar bahwa Pengguna memanfaatkan Layanan Edunesia di Platform Edunesia atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Edunesia diberikan kepada Pengguna dengan sebagaimana mestinya dan sebagaimana tersedia.
  5. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Edunesia (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Edunesia bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:
    - Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Platform Edunesia;
    - Harga, informasi atau petunjuk lain yang tersedia di dalam Platform Edunesia;
    - Keterlambatan atau gangguan di dalam Layanan Edunesia;
    - Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
    - Informasi yang dituliskan oleh Mitra;
    - Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit, dan/atau hak paten) atau hak-hak pribadi lain yang melekat atas suatu barang;
    - Pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
    - Perselisihan antar Pengguna dan Mitra;
    - Pencemaran nama baik Pihak lain;
    - Penyalahgunaan Formulir yang telah dibeli Pengguna;
    - Kehilangan Formulir ketika proses transaksi berjalan dan/atau selesai;
    - Biaya ekstra (termasuk pajak dan biaya lainnya) atas segala transaksi yang terjadi di Edunesia. Hal tersebut berada di luar kewenangan Edunesia sebagai perantara.
    - (Jika) Akun dan/atau saldo Pengguna dalam keadaan dibekukan dan/atau dinonaktifkan.
    - Penyalahgunaan nomor kontak dan/atau alamat email milik Pengguna maupun pihak lainnya.
    - Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Edunesia yang dengan cara apa pun mengatasnamakan Edunesia ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
    - Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool lainnya) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Edunesia.
    - Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apa pun dalam Layanan Edunesia.
    - Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap layanan di Platform Edunesia.
    - Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Platform Edunesia yang diduga palsu.
    - Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.
    - Kegagalan dan/atau gangguan dalam penerapan teknologi baru dan/atau sistem pada fasilitas perangkat dan/atau jaringan internet yang Pengguna miliki dan/atau alami.
    - Gangguan jaringan Edunesia sehingga mengakibatkan server down dan mengharuskan dilakukannya pemeliharaan dan/atau perawatan darurat terhadap Platform Edunesia.
    - Penyalahgunaan akun Pengguna yang terjadi karena kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan akun kepada pihak lain, memberikan akses password kepada pihak lain, memberikan Kode Verifikasi pada pihak lain, mengakses link atau tautan dari pihak lain, maupun kelalaian Pengguna yang lain yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada Pengguna.
    - Tidak tersedianya layanan di Platform Edunesia pada waktu kapan pun atau untuk jangka waktu yang tidak dapat ditentukan karena hal yang terjadi di luar kuasa Edunesia.
    - Adanya kegiatan pengawasan dan pengontrolan isi/konten dari Platform Edunesia dan/atau sumber daya yang terjadi karena tautan (hyperlink) yang berada pada deskripsi Mitra. Edunesia tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerugian yang dapat timbul akibat tindakan tersebut.

Pembaruan dan Modifikasi Aturan Penggunaan

Edunesia memiliki hak untuk melakukan pembaruan dan/atau perubahan Aturan Penggunaan dari waktu ke waktu jika diperlukan demi keamanan dan kenyamanan transaksi Pengguna di Platform Edunesia. Pengguna dengan ini setuju bahwa Pengguna bertanggung jawab untuk membaca secara saksama dan memeriksa Aturan Penggunaan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui pembaruan dan/atau perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan di Platform Edunesia, maka Pengguna dianggap menyetujui pembaruan dan/atau perubahan dalam Aturan Penggunaan ini.